3 Fitur WhatsApp Ini Bisa Pengaruhi Hubunganmu dengan Orang Lain

 

WhatsApp bukan sekadar aplikasi untuk berkomunikasi. Ia punya kemampuan mempengaruhi hubungan antara sesama penggunanya. Ada beberapa fitur untuk itu. Apa saja?

  1. “Terakhir dilihat”

Satu fitur yang sepertinya hanya terdapat pada WhatsApp adalah status “Terakhir dilihat” (“Last seen“). Ketika kamu membuka Chat dengan seseorang yang ada di daftar kontakmu, di bawah nama orang itu akan muncul status “Terakhir dilihat”. Status ini menunjukkan kapan orang itu terakhir kali membuka WhatsApp. Misalnya, “Terakhir dilihat hari ini pukul 13.50”.

Bagaimana fitur “Terakhir dilihat” mempengaruhi hubunganmu dengan pengguna lain? Bayangkan skenario ini.

Kamu punya pacar. Kamu sangat mencintai pacarmu, sehingga kamu rajin mengecek status “Terakhir dilihat” pacarmu.

Suatu hari, kamu lihat di status pacarmu tertulis: “Terakhir dilihat hari ini pukul 02.13”. Esoknya, terbaca: “Terakhir dilihat hari ini pukul 02.47”. Lusanya, tertera: “Terakhir dilihat hari ini pukul 03.18”.

Kamu tahu pacarmu bukan termasuk orang sulit tidur. Maka kamu jadi bertanya-tanya, kenapa pacarmu suka buka WhatsApp selewat tengah malam? WhatsApp-an sama siapa jam segitu? Jangan-jangan dia… Hubungan mesramu dengan pacar bisa terganggu gara-gara fitur “Terakhir dilihat”.

Kalau status “Terakhir dilihat” tidak muncul di bawah nama seseorang, ada kemungkinan kamu diblokir oleh orang itu. Mungkin hubunganmu dengan orang itu bermasalah – tanpa kamu sadari.

Kemungkinan lain, fitur “Terakhir dilihat” dimatikan oleh orang bersangkutan. Cara mematikannya mudah saja:

– Buka Chat > ketuk tiga titik vertikal di pojok kanan atas.

– Ketuk “Setelan” > “Akun” > “Privasi” > “Terakhir dilihat”.

– Pilih opsi “Tidak ada”.

Kalau kamu mematikan fitur “Terakhir dilihat”, orang lain tidak akan bisa melihat kapan kamu terakhir kali membuka WhatsApp. Namun, sebaliknya, kamu juga tidak akan bisa melihat info kapan WhatsApp orang lain terakhir dibuka.

  1. “Laporan dibaca”

Di WhatsApp, kamu bisa melihat apakah pesan yang kamu kirim ke seseorang sudah terkirim, tersampaikan dan dibaca. Satu tanda centang abu-abu berarti pesan sudah terkirim ke server WhatsApp, tetapi belum diteruskan ke penerima. Dua tanda centang abu-abu menandakan pesan sudah masuk ke ponsel penerima, namun belum dibaca. Dua tanda centang biru menunjukkan pesan sudah dibaca penerima.

Kalau kamu mengirim pesan ke seseorang, dan tanda centang ganda abu-abu di pesanmu tidak pernah berubah menjadi biru, mungkin kamu akan terdorong memeriksa hubunganmu dengan orang itu. Kenapa dia tidak membaca pesanmu? Apakah hubunganmu dengan dia baik-baik saja?

Namun, tidak munculnya tanda centang ganda biru tidak selalu berarti pesanmu tidak dibaca. Bisa jadi pesanmu sudah dibaca, tapi si penerima mematikan fitur “Laporan dibaca”. Caranya:

– Buka Chat > ketuk tiga titik vertikal di pojok kanan atas.

– Ketuk “Setelan” > “Akun > “Privasi”.

– Geser ke kiri tombol hijau di samping “Laporan dibaca”.

Kalau fitur “Laporan dibaca” kamu matikan, orang tidak akan tahu apakah pesan kirimannya sudah kamu baca atau belum. Sebaliknya, kamu juga tidak bisa melihat apakah pesanmu sudah dibaca orang atau belum.

  1. “Blokir”

Pemblokiran menandakan hubunganmu dengan orang lain tidak berjalan baik, bahkan rusak. Karena sebab-sebab yang mungkin kamu sadari atau tidak, kamu bisa diblokir orang lain.

Mengetahui bahwa kamu diblokir orang lain akan mempengaruhi hubunganmu dengan orang itu. Bagaimana caranya supaya tahu?

WhatsApp tidak memberi tahu kamu jika ada orang yang memblokirmu. Yang bisa kamu lakukan hanya mencermati tanda-tandanya. Apa saja?

Pertama, kamu tidak bisa melihat status online dan status “Terakhir dilihat” seseorang di jendela Chat orang itu. Namun, belum tentu karena kamu diblokir. Penyebab lain juga mungkin. Misalnya, fitur “Terakhir dilihat” dimatikan.

Kedua, kamu tidak bisa mengetahui perubahan atau penggantian foto profil seseorang. Kalau foto profil seseorang di aplikasi WhatsApp temanmu berubah, sedangkan foto profil orang yang sama di WhatsApp kamu tidak berubah, berarti kamu diblokir orang itu.

Ketiga, kamu tidak bisa menelepon seseorang dengan WhatsApp. Namun ini belum tentu menandakan kamu diblokir orang itu. Bisa juga karena orang itu sedang tidak mempunyai koneksi internet.

Keempat, tanda centang tunggal abu-abu di pesanmu tidak berubah menjadi tanda centang ganda abu-abu. Artinya, pesanmu terkirim, tapi tidak sampai. Selain pemblokiran, ketiadaan akses internet juga bisa menjadi penyebabnya.

Kamu bisa membandingkan status pesanmu dengan status pesan temanmu yang dikirim ke orang yang sama. Kalau temanmu menerima tanda centang ganda abu-abu atau biru, sedangkan kamu tidak, berarti kamu diblokir.

Bagaimana kalau justru kamu yang ingin memblokir orang? Caranya gampang:

– Buka Chat > ketuk kontak yang ingin kamu blokir.

– Setelah jendela Chat terbuka, ketuk nama orang itu.

– Gulir ke bawah > ketuk Blokir.

Alternatifnya juga ada:

– Buka Chat > ketuk tiga titik vertikal di pojok kanan atas.

– Ketuk “Setelan” > “Akun” > “Privasi” > “Kontak terblokir”.

– Ketuk ikon manusia di pojok kanan atas untuk menambahkan kontak yang akan diblokir. NAWABALI

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *