Yang Magang Yang Makin Matang di Nawadwipa

 

Nawadwipa adalah agensi kreatif yang menyediakan jasa branding dan desain komunikasi visual, jasa pembuatan website dan pemeliharaan situs web, pengembangan aplikasi mobile dan pemasaran internet. Selain menekuni bisnis, perusahaan yang berdiri sejak 2011 ini memiliki misi sosial.

Nawadwipa membuka pintu lebar-lebar untuk pelajar dan mahasiswa yang berminat magang. Mereka bergabung dengan tim kreatif Nawadwipa untuk mempraktikkan ilmu yang dipelajari di bangku sekolah.

Sejumlah sekolah yang berkaitan dengan teknologi informasi telah menyambut kesempatan yang diberikan Nawadwipa itu. Program magang di Nawadwipa diikuti siswa dari berbagai lembaga pendidikan formal, antara lain SMK TI (Sekolah Menengah Kejuruan Teknologi Informasi) Bali Global Badung, SMK TI Bali Global Denpasar dan Insitut Seni Indonesia (ISI) Denpasar.

Bagaimana kesan-kesan para peserta program magang di Nawadwipa? Berikut ini komentar tiga mahasiswa pemagang dari Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV), ISI Denpasar.

 

Ni Luh Intan Juliyanti:

Saya memilih magang di Nawadwipa karena sesuai dengan jurusan kuliah saya, yaitu Desain Komunikasi Visual. Sebelumnya saya pernah mencoba magang di dinas pemerintahan. Hanya saja, tidak ada pekerjaan yang sesuai dengan jurusan kuliah saya.

Selain desain grafis, Nawadwipa juga menawarkan jasa lain seperti branding dan web development. Itu menjadi nilai tambah. Saya mendapat ilmu baru di Nawadwipa.

Praktik kerja memberikan banyak manfaat bagi mahasiswa. Mahasiswa menjadi dapat mempelajari ilmu baru, baik di bidang yang ditekuni maupun di luar bidang yang ditekuni, memahami dunia kerja yang sesungguhnya, dan juga menambah teman.

Melalui berbagai materi kuliah maupun program magang, mahasiswa diajar untuk melihat peluang dalam perkembangan teknologi sehingga mampu menjawab tantangan dunia sekarang yang semuanya berbasis online. Mulai dari iklan hingga menjual desain, sekarang serba online.

Magang di Nawadwipa sangat menguntungkan, karena mahasiswa jadi memiliki bekal tambahan mengenai dunia kerja. Dengan demikian, nantinya saat mulai bekerja, mahasiswa sudah mampu memahami kondisi tempat kerja dan proses kerja.

Saya melihat bahwa perkembangan teknologi yang pesat memberi peluang yang sangat besar kepada pelaku industri kreatif untuk mengembangkan kemampuan dalam menciptakan desain, baik dalam bentuk online maupun cetak. Sebagai mahasiswa DKV, saya berharap nantinya mampu memberi solusi dalam bentuk desain untuk permasalahan di lingkungan sekitar, sehingga dapat berguna dalam masyarakat.

 

Dewa Gde Bali Udiyana Putra:

Bagi saya, praktik kerja atau magang di Nawadwipa sangat bermanfaat untuk menambah ilmu desain grafis yang saya pelajari di kampus. Magang juga berguna untuk mengenal manajemen pekerjaan di kantor yang sesungguhnya. Dengan magang, saya mendapat wawasan untuk melangkah ke depan serta pengalaman kerja di bidang saya.

Materi yang saya pelajari di kampus dan pengalaman magang di Nawadwipa bermanfaat sekali untuk menjawab permasalahan dan tuntutan yang selalu ada. Perkembangan teknologi semakin pesat, peluang sangat banyak, tapi persaingan semakin ketat. Hal ini memotivasi mahasiswa untuk berkarya secara maksimal dengan memanfaatkan teknologi yang terus berkembang.

Saya senang magang di Nawadwipa. Para senior di Nawadwipa ramah-ramah. Saya selalu dituntun dan dibantu menyelesaikan permasalahan, juga diberi motivasi.

 

Luh Putu Serly Rezkiana Admi:

Program magang di Nawadwipa sangat berkaitan dengan bidang ilmu desain. Ketika Nawadwipa mengerjakan job dari klien, terutama dalam pembuatan desain, saya lihat hasil desainnya simpel dan elegan. Sebab itulah saya memilih Nawadwipa sebagai tempat praktik kerja. Saya ingin mengetahui dan mempelajari proses pembuatan desain agar hasilnya bisa menarik untuk audiens.

Magang di Nawadwipa menambah pengalaman kerja, dalam arti memberi gambaran mengenai pekerjaan. Program ini meningkatkan kualitas diri saya. Dengan magang, saya bisa mengetahui bagaimana situasi kerja, memahami alur pekerjaan dan, yang pasti, mengetahui cara komunikasi di dunia kerja. Semua itu akan mempermudah saya di masa depan, ketika saya diterima bekerja di manapun. Magang sangat bermanfaat untuk merasakan dunia kerja yang sebenarnya.

Dengan magang, ada kesempatan besar untuk belajar menjadi entrepreneur, mengenali lingkungan kerja dan memahami proses bekerja. Sering saya dengar, dunia kerja dan bangku kuliah benar-benar berbeda. Proses bekerja yang sering diceritakan di kampus bisa berbeda jauh dengan kenyataan di lapangan. Maka dari itu, magang sangat menguntungkan saya.

Selama magang di Nawadwipa, saya mendapat banyak pengalaman. Awalnya memang membosankan, karena kami belum mengenal satu sama lain. Tetapi lama-kelamaan suasana semakin seru dan makin akrab. Pengalaman magang memberikan motivasi pada saya.

Magang di Nawadwipa menimbulkan kebanggaan tersendiri pada diri saya. Di Nawadwipa, saya mengenal proses pembuatan desain secara lebih luas, dan bagaimana proses membuat desain yang simpel dan menarik audiens sasaran. Yang jelas, program magang di Nawadwipa sangat berguna untuk karier saya ke depan. NAWABALI

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *