Variasi Tampilan Tersembunyi Google Chrome di Ponsel Android

 

Kamu pengguna ponsel Android? Peramban (browser) apa yang kamu gunakan berinternet ria? Apakah fitur-fitur perambanmu mudah dijangkau jari tanganmu yang menggenggam ponsel?

Kebanyakan peramban ponsel memasang kolom alamat situs web (URL) dan fitur-fitur antarmuka pengguna (user interface/UI) di bagian atas layar ponsel. Peramban populer Google Chrome, misalnya, memiliki tombol Beranda, kolom URL, tombol Tab dan tombol laci menu (tiga titik vertikal). Semua fitur itu berderet di bagian atas jendela Chrome.

Tampilan standar Chrome dengan semua fitur ada di bagian atas layar

Namun, tata letak fitur yang terkumpul di bagian atas layar seperti itu kadang-kadang membuat peramban tidak nyaman digunakan. Jika ponselmu layarnya besar, mungkin jarimu akan rada kerepotan menjangkau tombol-tombol peramban di bagian atas layar. Belum lagi jika fisik pengguna menyandang keterbatasan aksesibilitas tertentu.

Sekarang bayangkan seandainya fitur-fitur peramban ada di bagian bawah layar. Kamu akan mudah menjangkaunya dengan ibu jari tanganmu. Betapa nyaman.

Beberapa peramban, misalnya Firefox Preview, menyediakan fitur-fitur di bagian bawah layar. Bagaimana dengan Google Chrome?

Sampai sekarang, semua fitur Google Chrome terpasang di bagian atas layar. Namun sesungguhnya kamu bisa mengubah tampilan Google Chrome supaya sebagian fiturnya berada di bagian bawah layar. Ada opsi menu layar bawah tersembunyi di Google Chrome.

Kamu memang tidak bisa memindahkan fitur-fitur Google Chrome dari bagian atas layar ke bagian bawah layar secara langsung. Pengaturan Google Chrome saat ini belum memungkinkan. Meski begitu, kamu bisa mendapatkan tombol-tombol di bagian bawah layar melalui pengaturan eksperimental Chrome.

Opsi menu di bagian bawah layar merupakan bagian dari “Chrome Duet”. Diharapkan, opsi ini kelak tersedia di Google Chrome standar. Tetapi untuk sekarang, kamu hanya bisa mengaktifkan fitur-fitur yang tersembunyi di bagian bawah layar dengan menyetel flags Chrome.

Begini caranya.

– Buka aplikasi Google Chrome.

– Ketik “chrome://flags” di kolom URL, lalu buka.

– Ketik “Duet” di kolom pencarian.

– Ketuk menu drop-down di bawah “Chrome Duet”, lalu ketuk salah satu opsi yang kamu inginkan. Tiap opsi memberikan variasi tampilan yang berbeda-beda di jendela Google Chrome.

Opsi variasi tampilan Chrome

Opsi “Enabled” atau “Enabled Home-Search-Share Variation” akan menampilkan tombol Beranda, tombol Cari dan tombol Bagikan di bagian bawah layar.

Tombol Beranda, Cari dan Bagikan di bagian bawah layar

Opsi “Enabled Home-Search-TabSwitcher Variation” akan menampilkan tombol Beranda, tombol Cari dan tombol Tab di bagian bawah layar.

Tombol Beranda, Cari dan Tab di bagian bawah layar

Opsi “Enabled NewTab-Search-Share Variation” akan menampilkan tombol Tab Baru, tombol Cari dan tombol Bagikan di bagian bawah layar.

Tombol Tab Baru, Cari dan Bagikan di bagian bawah layar

Opsi “Default” dan “Disabled” akan mematikan Chrome Duet dan mengembalikan tombol menu Google Chrome ke tampilan standar.

– Ketuk “Relaunch” di bagian bawah.

Kini fitur-fitur yang paling sering kamu gunakan di Google Chrome bisa kamu akses dengan mudah dan nyaman menggunakan jempol tanganmu. NAWABALI

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *