Aplikasi Bisnis Terpopuler 2020

 

Aplikasi kian menjadi kunci sukses bagi bisnis era teknologi digital. Aplikasi meningkatkan aksesibilitas, produktivitas, juga keamanan dan kenyamanan penyimpanan data perusahaan.

Jika Anda pelaku bisnis, ada baiknya mulai bertimbang untuk memakai aplikasi yang tepat. Info tentang aplikasi bisnis terpopuler bisa membantu Anda.

Okta, perusahaan besar perangkat lunak cloud yang berpusat di San Francisco, Amerika Serikat, baru-baru ini mengeluarkan laporan tren industri Businesses@Work. Laporan ini mengungkapkan aplikasi bisnis apa saja yang paling banyak digunakan dan paling cepat pertumbuhannya.

Berdasarkan jumlah pelanggan, empat aplikasi bisnis terpopuler adalah Microsoft Office 365, Salesforce, Amazon Web Services dan G Suite. Namun komposisi sedikit berubah jika perhatian difokuskan pada jumlah pengguna aktif bulanan. Peringkat satu sampai empat diduduki oleh Microsoft Office 365, Workday, ServiceNow dan G Suite. Salesforce tergeser ke posisi kelima.

Slack dan Zoom mencuri perhatian dengan masuk 10 besar aplikasi terpopuler. Dua aplikasi untuk kolaborasi ini mengubah cara bisnis beroperasi. Slack dan Zoom meningkatkan produktivitas dengan memudahkan komunikasi dan kolaborasi tim kerja.

Untuk aplikasi yang paling cepat pertumbuhannya, Snowflake bertengger di posisi puncak. Aplikasi manajemen data berbasis cloud ini tumbuh sebesar 273%. Snowflake adalah platform data cloud untuk rekayasa data terpadu, pertukaran data yang aman, pengembangan aplikasi dll. Pelanggannya meliputi perusahaan-perusahaan raksasa seperti CapitalOne, Lionsgate, Overstock dan Nielsen.

Membuntuti Snowflake dengan pertumbuhan lebih dari 100%, ada Opsgenie, Google Cloud dan Splunk. Peringkat menunjukkan, aplikasi-aplikasi pengelolaan data berkembang pesat. Perusahaan-perusahaan juga semakin memprioritaskan sistem keamanan. Tren ini terlihat dari cepatnya pertumbuhan aplikasi-aplikasi keamanan teknologi informasi seperti KnowBe4 dan Jamf Pro.

Laporan Okta menunjukkan kian pentingnya peranti data dan peranti keamanan bagi perusahaan. Perusahaan semakin banyak menggunakan data untuk kepentingan bisnis. Aplikasi seperti Snowflake dan Looker membantu perusahaan untuk mengevaluasi data dan membuat keputusan bisnis.

Dengan meningkatnya penggunaan data, meningkat pula kebutuhan terhadap keamanan. Ada empat kategori peranti keamanan: perlindungan pribadi, perlindungan perangkat, perlindungan jaringan dan perlindungan infrastruktur bisnis.

Sebanyak 67% pelanggan Okta menggunakan minimal satu peranti keamanan dari empat kategori tersebut. Satu dari empat pelanggan menggunakan pengelola kata sandi atau mengambil langkah lain untuk perlindungan pribadi dari serangan phishing.

Perlindungan keamanan menjadi semakin penting untuk banyak bisnis kecil yang bergantung pada teknologi cloud. Bisnis yang menggunakan aplikasi G Suite, Slack dan Zoom menempatkan data pada posisi yang dapat diakses dengan nama pengguna dan kata sandi. Kerentanan ini meningkatkan kebutuhan akan keamanan dan perlindungan akun pribadi.

Berikut ini aplikasi-aplikasi terpopuler lainnya:

– Peranti pengembang: Atlassian Product Suite, GitHub, PagerDuty

– Peranti SDM: Workday, BambooHR, UltiPro

– Konferensi video: Zoom, Cisco Webex, RingCentral

– Pembelajaran daring: LinkedIn Learning, Grammarly, Pluralsight

– Perbankan dan keuangan: PayPal, Bank of America, American Express

– Hotel dan penginapan: Marriott Bonvoy, Airbnb, Hilton Hotels

– Penerbangan: American Airlines, Southwest, United Airlines

– Transportasi darat: Uber, Avis, Enterprise

– Rencana perjalanan: Triplt, Expedia, Egencia

Ada banyak manfaat yang ditawarkan oleh aplikasi-aplikasi bisnis yang populer dan berkembang pesat tersebut. Anda pun bisa ikut memanfaatkannya agar bisnis Anda semakin produktif dan efisien di tengah kerasnya persaingan. NAWABALI

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *