Branding Majukan Bisnis Era Kekinian

 

Kata “branding” berasal dari kata “brand” dalam bahasa Inggris. Branding dan brand memiliki makna berbeda. Brand berarti merek, sedangkan branding adalah berbagai kegiatan komunikasi yang dilakukan perusahaan dengan tujuan membangun dan membesarkan sebuah brand atau merek.

Satu perusahaan di Denpasar yang bergerak di bidang branding adalah Nawadwipa. Dari perusahaan ini, Nawabali menggali info seputar branding untuk Anda.

Brand adalah identitas. Kegiatan branding menyangkut pengenalan identitas tersebut kepada masyarakat.

Unsur-Unsur Branding

Proses branding melibatkan unsur-unsur yang membuat produk mudah diingat. Satu unsur yang terpenting adalah nama atau merek produk. Tanpa nama atau merek, produk tidak memiliki identitas yang akan memudahkannya untuk dikenal masyarakat.

Berikutnya, logo. Logo bisa berupa logotype, logogram, monogram, bendera dsb. Pembuatan logo harus memperhatikan faktor keunikan dan citra yang sesuai dengan brand. Logo yang unik akan meninggalkan kesan tak terlupakan pada konsumen.

Agar produk terlihat keren, tampilan visual perlu digarap apik. Tampilan visual bisa diaplikasikan pada desain produk, desain kemasan, desain seragam dll. Menggunakan tampilan visual dengan warna-warni cerah atau elegan akan memperkuat citra produk.

Citra produk bisa dilambungkan dengan melibatkan juru bicara. Juru bicara ini bisa pendiri perusahaan, maskot atau tokoh perusahaan. Bisa juga orang terkenal yang diajak bekerja sama untuk meningkatkan pemasaran produk.

Isi suara atau lagu tematik juga tak kalah penting. Kehadiran lagu akan melengkapi unsur visualisasi branding, sehingga brand tampil lebih memikat dan mudah diingat.

Tak boleh dilupakan pula, unsur verbal berupa kata-kata. Bentuknya bisa slogan, tagline, jingle, akronim dsb. Kata-kata yang cerdas selalu meninggalkan kesan mendalam. Dalam proses pembuatan brand, perlu digunakan kata-kata yang bernada ceria dan positif, mudah diingat, serta berbeda dengan brand lain.

Jenis-Jenis Branding

Branding memiliki beberapa jenis.

Ada yang disebut product branding. Branding ini bertujuan mendorong konsumen agar lebih memilih produk yang di-branding ketimbang produk pesaing.

Jenis lain adalah personal branding. Inilah alat pemasaran yang digunakan untuk mengangkat nama figur, misalnya politikus, musikus, selebritas dll. Dengan branding ini, figur akan mendapat citra yang baik di mata masyarakat.

Selanjutnya ada corporate branding. Branding ini bertujuan meningkatkan reputasi sebuah perusahaan di pasar. Lingkupnya meliputi semua aspek perusahaan, mulai dari produk/jasa yang ditawarkan hingga kontribusi karyawan terhadap masyarakat.

Dikenal pula geographic branding. Branding ini bertujuan memunculkan gambaran tentang sebuah produk atau jasa ketika nama suatu lokasi disebutkan.

Terakhir, cultural branding. Branding ini bertujuan mengangkat reputasi lingkungan dan orang-orang dari lokasi atau kebangsaan tertentu.

Fungsi dan Tujuan Branding

Fungsi pertama branding adalah untuk pembeda. Produk dengan brand kuat akan mudah dibedakan dengan brand lain.

Branding juga berfungsi untuk promosi dan daya tarik. Produk yang brand-nya kuat akan menjadi daya tarik bagi konsumen dan lebih mudah dipromosikan.

Perusahaan menggunakan branding untuk membangun citra, keyakinan, jaminan kualitas dan prestise. Branding membentuk citra, sehingga produk menjadi mudah diingat orang.

Branding juga bisa menjadi pengendali pasar. Brand yang kuat akan lebih mudah mengendalikan pasar, karena masyarakat telah mengenal, percaya dan mengingat brand tersebut.

Tujuan utama branding adalah membentuk persepsi masyarakat tentang suatu brand. Branding dilakukan guna membangun kepercayaan masyarakat kepada brand. Setelah kepercayaan masyarakat berhasil direbut dengan branding yang baik, tentunya akan muncul kecintaan kepada brand.

Branding untuk Kemajuan Bisnis

Mengapa bisnis Anda memerlukan branding?

Melalui branding yang baik, perusahaan dapat memunculkan kesan yang baik, sehingga membuat para pelanggan terus setia menggunakan produknya. Branding juga membuka jalan bagi perusahaan untuk dikenal banyak orang, baik dari logo maupun kampanye pemasarannya.

Manfaat branding begitu besar bagi perusahaan. Oleh sebab itu, membangun brand merupakan investasi yang harus dilakukan setiap perusahaan.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera majukan bisnis Anda dengan branding.

Nawadwipa siap membantu perusahaan Anda dengan branding yang memikat. NAWABALI

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *