Bincang Investasi di The Ambengan Tenten

 

Konon, 2020 adalah tahun yang baik untuk membangun fondasi jangka panjang. Satu bentuk fondasi yang perlu dibangun untuk menyiapkan masa depan adalah investasi.

Mengawali rangkaian programnya tahun ini, Argos Specialità Espresso menggelar acara “Talk Show & Coffee” bertema investasi. Kafe yang berada di kompleks apartemen The Ambengan Tenten Denpasar ini mendatangkan narasumber dari lembaga sekuritas.

Dalam acara yang berlangsung pada Sabtu, 1 Februari, Savitri Arizona hadir berbagi info seputar dunia investasi. MOST Advisor dari Mandiri Sekuritas ini membuka wawasan peserta tentang seluk-beluk “bercocok tanam uang”.

Savitri berbicara mulai dari hal-hal umum yang mendasar. Antara lain, apa yang dimaksud dengan investasi, mengapa kita perlu berinvestasi, dan kapan sebaiknya mulai melakukan investasi. Selanjutnya dijelaskan tentang aneka macam instrumen investasi, keuntungan dan risiko berbagai bentuk investasi, prospek investasi dll.

Savitri Arizona

Satu topik yang mendapat perhatian khusus adalah Surat Berharga Negara (SBN). Disebut juga sebagai obligasi negara, SBN adalah produk investasi yang diterbitkan dan dijamin Pemerintah Republik Indonesia, serta ditawarkan kepada individu WNI. SBN merupakan satu cara bagi masyarakat untuk berinvestasi sambil berpartisipasi dalam pembiayaan pembangunan nasional.

SBN yang menjadi sorotan tentu saja seri terbaru, SBR009. Savings Bond Ritel Seri SBR009 mulai ditawarkan kepada publik pada 27 Januari 2020. Masa penawaran akan berakhir pada 13 Februari. Dana yang diperoleh dari penjualan SBR009 akan digunakan untuk pembiayaan APBN 2020.

Tidak saja aman karena dijamin Pemerintah, SBR009 sangat terjangkau. Harga satu unitnya hanya Rp1 juta. Beli satu unit saja diperbolehkan. Pembelian maksimum untuk tiap investor dibatasi sebanyak 3.000 unit atau Rp3 miliar.

Terdapat sejumlah keuntungan berinvestasi dengan SBR009. Yang paling menarik, tentu saja, bunga yang tinggi. Imbal hasil SBR009 minimal 6,3% per tahun. Artinya, bunga SBR009 lebih tinggi daripada bunga deposito pada umumnya. Bunga ini dibayarkan pada tanggal 10 setiap bulan.

Selain itu, pajak SBR009 lebih rendah daripada pajak deposito. Dana bisa dicairkan sebelum masa investasi berakhir (dua tahun). SBR009 juga dapat dipinjamkan atau dijaminkan kepada pihak lain. Tak kalah menarik, ada cash-back untuk pembelian tertentu.

“Berinvestasi di obligasi negara seperti SBR009 praktis tidak ada risikonya. Sekarang berinvestasi juga semakin mudah karena didukung platform teknologi informasi digital. Di Mandiri Sekuritas, kami menyediakan layanan MOST (Mandiri Sekuritas Online Trading) berupa MOST Mobile, MOST App dan MOST Web,” ujar Savitri.

Info selengkapnya tentang SBR009 dapat dilihat di MOST SBN Mandiri. NAWABALI

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *