Instagram Boyong DM ke Web

 

Hari gini, siapa tak kenal Instagram? Media sosial yang sangat populer ini tak hanya bisa diakses melalui aplikasi di ponsel pintar. Instagram juga bisa dibuka di PC atau laptop melalui situs webnya, instagram.com.

Apa yang bisa dilakukan pengguna Instagram di ponsel juga bisa dilakukan di komputer. Kecuali satu hal: membuka dan mengirim DM (Direct Message) atau pesan langsung.

Berbeda dengan aplikasi Instagram, web Instagram belum dilengkapi fitur DM. Kekurangan ini bisa merepotkan pengguna yang aktif menggunakan DM Instagram dan banyak bekerja di depan komputer.

Ambil contoh, pengguna adalah seorang internet marketer yang bekerja dengan laptop, tapi juga sering perlu berkomunikasi dengan klien melalui DM Instagram. Tentu cukup ribet jika harus bolak-balik antara laptop dan ponsel.

Keribetan itu akan segera berakhir. Kemarin, Instagram mulai memasang fitur DM di web.

Belum semua pengguna Instagram bisa ber-DM ria dari komputer, memang. Untuk saat ini, baru “sebagian kecil” pengguna yang bisa mengakses DM dari situs web Instagram. Maklumlah, fitur DM di web Instagram masih dalam taraf uji coba.

Dalam cuitannya di Twitter pada 15 Januari, bos Instagram, Adam Mosseri, menulis: “Hari ini kami mulai mengetes Direct di web desktop. Untuk saat ini, baru sebagian kecil orang – kami harus memastikannya berfungsi dengan baik – tapi kami berharap akan segera menghadirkannya untuk semua orang.”

Menurut The Verge, DM di web pada dasarnya akan sama fungsinya dengan DM di aplikasi ponsel. Dari layar DM di komputer, pengguna bisa memulai obrolan, melihat pesan, mengirim dan membalas pesan, menyukai pesan, membuat grup dan berbagi foto. Pengguna juga bisa menerima notifikasi DM di layar desktop.

Langkah Instagram membawa DM ke web diduga terkait dengan rencana Facebook untuk lebih fokus menggarap fungsi pengiriman pesan. “Sejauh ini, tiga bidang komunikasi daring yang paling pesat pertumbuhannya adalah pesan pribadi, grup dan Cerita (Stories),” kata bos Facebook, Mark Zuckerberg, kepada The New York Times tahun lalu.

Kepada media massa yang sama, Zuckerberg  juga pernah menyatakan niatnya untuk mengintegrasikan layanan pesan di media sosial yang berada di bawah komandonya: Facebook Messenger, WhatsApp dan Instagram. Ini berarti pengguna tiga platform komunikasi daring itu akan bisa saling berkirim pesan.

Kehadiran DM di web Instagram tentu sejalan dengan keinginan Zuckerberg untuk memprioritaskan pesan pribadi, grup dan cerita. Terbukanya opsi untuk ber-DM melalui aplikasi ataupun browser juga selangkah lebih dekat menuju penyatuan layanan pesan Facebook Messenger, WhatsApp dan Instagram. NAWABALI

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *