Wajah Baru Google Maps

 

Menandai ulang tahunnya yang ke-15, bulan ini Google Maps meluncurkan desain baru. Aplikasi populer ini melakukan perombakan besar pada tampilannya di ponsel Android maupun iPhone.

Satu perubahan yang langsung terlihat adalah logo Google Maps. Logo anyar aplikasi ini berupa pin tunggal yang terbungkus empat warna khas Google.

Begitu aplikasi dibuka, wajah baru langsung menyapa. Perubahan paling mencolok terlihat pada lokasi fitur-fitur di bagian atas layar dan deretan ikon di bagian bawah layar.

Ikon hamburger (setrip tumpuk tiga) di pojok kiri atas layar kini kosong, tidak lagi berisi daftar fitur. Jika ikon ini diketuk, muncul petunjuk yang mengatakan bahwa fitur-fitur isinya telah dipindahkan. Semua fitur itu sekarang bisa diakses dengan mengetuk avatar profil (foto akun pengguna) di pojok kanan atas layar.

Di dasar layar, kini berjajar lima ikon: Jelajahi, Perjalanan, Disimpan, Kontribusi, Info Baru. Inilah fungsinya masing-masing:

– Jelajahi

Inilah halaman pertama yang muncul ketika Google Maps dibuka. Fungsi utamanya untuk mencari lokasi. Caranya dengan mengetikkan nama sebuah tempat di kolom “Cari di sini” di bagian atas layar. Fitur ini juga dilengkapi dengan laci “Jelajahi sekitar”. Pengguna bisa mencari tempat-tempat yang menarik di kawasan sekitar, misalnya restoran, museum atau taman hiburan.

– Perjalanan

Fitur ini memberikan informasi tentang kondisi lalu lintas di sepanjang perjalanan ke rumah atau kantor pengguna. Ditampilkan rute terbaik dan rute alternatif beserta perkiraan waktu tempuh.

– Disimpan

Dengan fitur ini, pengguna dapat menyimpan tempat-tempat yang menarik atau yang ingin dikunjungi di suatu daerah. Daftar tempat itu kemudian bisa dibagikan kepada orang lain. Pengguna juga bisa menggunakan sendiri daftar itu sebagai panduan ketika berada di daerah tersebut. Tersedia juga linimasa berisi tempat-tempat yang pernah dikunjungi.

– Kontribusi

Fitur ini memudahkan pengguna untuk berbagi informasi tentang suatu tempat. Pengguna bisa mengedit peta agar info jalan dan alamat lebih akurat, menambahkan tempat agar info area lokal pengguna tetap aktual, menulis ulasan untuk memberi masukan tentang suatu tempat, dan menambahkan foto untuk menunjukkan tampilan suatu tempat.

– Info Baru

Fitur ini memberikan cara cepat untuk melihat tempat-tempat yang populer di sekitar pengguna berdasarkan rekomendasi dari “pakar lokal” atau berbagai saluran informasi. Misalnya, restoran yang sedang trending, tempat yang perlu dikunjungi dsb.

Yang tidak kalah menarik, info sarana transportasi yang diberikan Google Maps tidak hanya mobil, sepeda motor, kendaraan umum dan jalan kaki. Tersedia pula opsi transportasi menggunakan Gojek atau Grab, lengkap dengan tarif dan waktu tunggu.

Kalibrasi Kompas

Selagi menjajal Google Maps baru, mungkin Anda perlu mengalibrasi kompas ponsel Anda. Google Maps menggunakan kompas yang terpasang di ponsel untuk menunjukkan arah.

Untuk meningkatkan keakuratan lokasi, sesekali kompas perlu dikalibrasi di Google Maps. Begini cara mengalibrasi kompas di ponsel Android:

– Buka Google Maps, lalu perhatikan ikon lingkaran biru yang menunjukkan lokasi Anda. Jika ikon lingkaran biru tidak tampak, ketuk ikon lingkaran target di kanan-bawah layar. Sorot cahaya kebiruan yang terpancar dari ikon lingkaran biru menunjukkan arah ponsel. Jika bentangan sorot cahaya itu sangat lebar, berarti kompas kurang akurat, dan perlu dikalibrasi.

– Ketuk ikon lingkaran biru. Pada layar informasi tentang lokasi Anda, ketuk “Kalibrasikan kompas” di kiri-bawah.

– Muncul layar yang menampilkan akurasi kompas dan instruksi kalibrasi. Posisikan dan gerakkan ponsel mengikuti bentuk angka 8 seperti yang diinstruksikan. Ketuk “SELESAI”.

Jika kalibrasi berhasil, bentangan sorot cahaya dari ikon lingkaran biru yang menunjukkan lokasi Anda akan menyempit. Artinya, kompas ponsel Anda kini lebih akurat. NAWABALI

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *