ZEN1: Galeri Baru dari Pemain Lama

 

Di tengah banyaknya galeri yang gulung tikar disebabkan oleh seretnya perputaran roda bisnis seni rupa Indonesia, Nicolaus F. Kuswanto, atau yang akrab disapa Nico, justru menggunakan kesempatan ini untuk membuka sebuah galeri yang ia beri nama sebagai Galeri Zen1. Galeri yang terletak di kawasan Tuban-Bali ini diresmikan pada Sabtu, 7 Maret, dengan memberikan ruang kepada perupa-perupa terpilih untuk tampil menunjukkan karya terbaik.

Peresmian galeri ditandai dengan pameran seni rupa “The Divine Step”. Sebanyak 19 perupa menampilkan karya dengan berbagai media. Ada lukisan, instalasi, patung dan mural. Atmi Kristiadewi, Bambang Adi Pramono, Dodit Artawan, Gede Jaya Putra, Hanh (Heart Lab), Ida Bagus Indra, Ida Bagus Putu Purwa, Ketut Sugantika, Kun Adnyana, Maureno Kustarjo, Michael Palilingan, Nyoman Sujana Kenyem, Putu Bonuz, Sutjipto Adi, Teja Astawa, Uuk Paramahita, V. Dedy Reru, Wai dan Waka adalah perupa-perupa yang karyanya dipamerkan pada acara ini.

Dunia seni rupa di Bali tentu tidak asing dengan nama Nico. Nico yang merupakan pemilik Galeri Zen1 ini sudah lama aktif membikin program-program pameran, menjalin kemitraan dengan seniman hingga memasarkan karya seni rupa. Pria yang sempat mengelola galeri-galeri ternama di Bali ini memang menunjukkan passion yang kuat terhadap seni rupa.

Sudah sepuluh tahun lebih Nico memproduksi pameran seni rupa di Bali dan Jakarta. Yang ditampilkan bukan hanya karya perupa muda, tetapi juga perupa senior ternama. Tidak hanya perupa dari Bali, tetapi juga perupa dari luar pulau. Tidak saja perupa Indonesia, tetapi juga perupa mancanegara.

Nicolaus F. Kuswanto

Kata “Zen1”, yang diangkat menjadi nama galeri ini, bisa dibaca “Seni”. Unsur “zen” mengacu pada payung bisnis Zen Nagrisco Utama, yang merupakan nama besar dari perusahaan yang dimiliki oleh Nico yang bergerak di bidang pengiriman barang (Zen Express) dan pembingkaian lukisan (Zen Agung Frame).

Angka 1 pada kata “Zen1” merupakan lambang dari cita-cita untuk menjadi galeri nomer 1. “Kami ingin menjadi yang terbaik, luhur, dengan harapan kami tampil dengan kemaksimalan. To be the best of the best,” tegas Nico.

Ditenagai oleh api kecintaan terhadap seni rupa dan kecakapan membangun relasi dengan perupa dan kolektor, Galeri Zen1 siap menyemarakkan medan seni rupa Indonesia. NAWABALI

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *